11 Kebiasaan/Kesalahan Saat Memelihara Kucing

.

Banyak sekarang pemelihara kucing melakukan kesalahan kesalahan kecil pada hewan mereka sendiri, mulai dari sengaja sampai dengan tidak sengaja, disini saya akan beritahu apa apa saja hal tersebut :

1. Memberikan makanan kering/dry food seumur hidup kucing, sesekali berilah kucing makanan basah agar kebutuhan nutrisi terpenuhi. Banyak merek makanan basah yang baik bagi kucing. kalau owner aftarrumahkucing biasanya memberikan pudding kepada anabulnya, bisa di lihat di gambar berikut ini yang owner lakukan.

2. Sering para pemelihara kucing menganggap perubahan tingkah laku kucing dengan pengertian yang salah, contoh ketika kucing tidak mau BAB di kotak yang telah disediakan, orang tersebut menganggapnya sebagai suatu sifat nakal artinya dia sudah menjadi nakal, padahal itu mungkin saja litter box/kotak pasir nya sedang kotor, tapi kita tidak menyadarinya, terlihat saja bagian permukaan bersih tidak terdapat kotoran padahal di dalam nya tertimbun kotoran kucing sebelumnya, jadi ada baik nya di perhatikan dulu agar benar” yakin litter box nya bersih.

3. Berkeinginan untuk menggemukan kucing, agar terlihat lucu, dan imut. Sadar itu sama saja menyiksa piaraan sendiri. Jangan memaksa kucing untuk obesitas karna tidak baik untuk kesehatan nya sendiri, buatlah kucing sering berolahraga dengan cara mengajak dia bermain.

4. Tidak mau membawa hewan peliharaan ke dokter dengan alasan yakin kucing sehat atau terlihat baik baik saja. Kucing juga perlu yang namanya pemeriksaan kesehatan,  kita tidak tau apa terdapat penyakit dalam nya, ada baiknya jika kita membawakan ke dokter hewan untuk di cek kesehatan. Dari pada tiba tiba terdapat penyakit dalam malah bisa membuat dompet tipis hahahaa… pikirkan lah yang terbaik buat kucing kesayangan.

5. Kucing muntah di anggap sepele, itu bisa berbahaya karena menyebabkan kucing dehidrasi. Cara mencegahnya ialah dengan cara meletakkan barang barang berbahay sesuai pada tempat nya yang tidak bisa di raih kucing anda, dan jangan langsung memberi makan kucing ketika habis bermain. Minimal istirhatkan dulu tanpa makan selama 30 menit setelah itu baru di beri makan.

6. Ini kesalahan fatal !!! Jangan memberi makanan anjing kepada kucing, kan telah di sediain makanan khusus kucing kenapa harus di beri makanan anjing. Produk anjing beberapa di antaranya tidak boleh untuk kucing karna bisa beracun bagi kucing.

7. Kesalahan lainya adalah ketika kita siap memandikan kucing/grooming kita tidak terlalu perduli dengan gigi nya padahal disitu lah bagian organ paling rentan terserang penyakit. ada juga yang berpendapat, kan sudah di beri makanan kering/dry food. Iya memang itu sekaligus membersihka  gigi kucing. Tetapi, alangkah baik nya jika kita menyikat gigi kucing agar benar benar bersih tidak hanya itu saja bisa juga membuat mulut kucing beraroma tidak terlalu bau.

8. Jangan juga memberi obat obatan manusia buat kucing kesangan anda, memang sih obat obatan untuk kucing itu mahal bahkan sangat mahal. Jika ingin memberi obat obatan manusia kepada kucing konsultasikan kepada dokter hewan.

9. Iya kucing memang bisa hidup mandiri tetapi kucing juga perlu perhatian dari pemiliknya, mereka butuh bantuan kita untuk memandikan agar bersih dan tidak bau, memotong kuku juga di perlukan, yang paling penting penyisiran.

10. Menganggap kotak pasir sebagai alat bantu saja jadi tidak terlalu di perhatikan, sadar lah di kotak pasir itu terdapat kotoran jika tidak di bersihkan kucing bakalan kotor dan mudah terserang penyakit, nanti malah pemilik nya sendiri yang rugi. Jadi bersihkan lah kotak pasir/litter box. Agar kucing tetap sehat, 1 hari sekali litter box di cuci dan pasir nya diganti, Dengan begini insyaallah kucing akan sehat.

11. Tidak memberi rumput kucing, maksudnya memberi rumput di sini ialah sesekali anda ajak kucing bermain di taman agar dia mau memakan rumput agar bulu bulu mereka yang termakan akan di muntah kan bersama rumput yang di makan nya tadi. Tapi jangan kita yang memberi rumput tersebut biar lah mereka yang memilih rumput yang mana mau di makan, kita hanya perlu mengawasi nya saja.

Sekian postingan nya, terima kasih banyak untuk yang telah berkunjung…

Tinggalkan Balasan